Trik Penting Agar Lolos Wawancara Kerja

Trik Penting Agar Lolos Wawancara Kerja
Kolom Nasional. Apakah Kamu Baru Melamar Bekerja Dan Dihubungi bahwa kamu akan dipanggil wawancara esokan harinya? Bagai mana sikap kamu menghadapinya ?

Apakah anda gugup dan tidak percaya diri ?, ada senyuman gugup, ditambah rasa mual di perutmu? Sebenarnya ini normal, tetapi tetap dapat merugikan apalagi jika tidak menanganinya dengan benar.
JobStreet akan membantu kamu dengan kiat jitu lolos wawancara kerja – dan kamu akan diundang lagi untuk wawancara kedua atau lebih baik lagi, kamu akan diterima bekerja di perusahaan yang kamu incar.

Berikut, Trik Penting Agar Lolos Wawancara Kerja yang sudah dirangkum :
1. Atasi rasa gugup

Merupakan suatu hal yang normal untuk merasa gugup dalam situasi seperti wawancara kerja dan ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan diri sebelum hal itu terjadi. Jangan terlalu banyak berfikir bahwa kamu akan gagal pada wawancara ini. Kenyataannya, sebagian besar HRD sudah menyadari bahwa wawancara kerja dapat sangat menegangkan bagi kandidat dan mereka tidak akan membuat suasana menjadi lebih kaku. Yang harus kamu lakukan untuk menenangkan diri adalah mengambil napas yang teratur dan fokus untuk menjawab pertanyaan.
Menghadiri wawancara tanpa mempelajari tentang perusahaan hanya akan meningkatkan kegelisahanmu, jadi pelajari lebih dulu sebelum dating ke wawancara kerja. Kamu akan merasa lebih percaya diri jika dapat menjawab pertanyaan yang diajukan kepadamu oleh pewawancara. Pelajari semua hal yang perlu diketahui tentang perusahaan, posisi, dan bahkan industri yang kamu coba masuki.

1. Jawab seakan-akan sedang bercerita

Cara terbaik untuk membuat wawancara kerja berkesan adalah dengan mengambil peran sebagai pendongeng. Pewawancara menyukai strategi ini karena memberi mereka kesempatan untuk benar-benar mengetahui latar belakang dan pengalamanmu. Ini adalah taktik hebat ketika berbicara bagaimana kamu mengatasi tantangan di tempat kerja, bagaimana mengatasi konflik di tempat kerja, dan juga pencapaian dalam kariermu.
Perlu diperhatikan bahwa taktik ini hanya akan berfungsi ketika kamu sudah mempersiapkan apa yang kamu ceritakan sebelumnya, jadi berlatihlah sehari sebelum wawancara dijadwalkan. Rumuskan kemungkinan pertanyaan yang mungkin muncul selama sesi wawancara, dan buat jawaban yang sesuai untuk masing-masing pertanyaan. Cobalah untuk mengingat pengalaman kerjamu di masa lalu dan saat ini sehingga kamu akan memiliki cerita yang dapat digunakan sebagai jawaban siap pakai untuk wawancara kerja.

2. Dengarkan dengan baik dan bereaksi dengan tepat

Fokuslah kepada pewawancara jika kamu ingin mereka memilihmu, jangan pernah kehilangan fokus atau lebih buruk, mengabaikan pewawancara karena itu adalah sebuah kecerobohan besar. Begitu wawancara dimulai, tetap fokus dan dengarkan setiap pertanyaan. Singkirkan apapun yang dapat menyebabkan kamu kehilangan fokus seperti smartphone, atur dalam ‘silent mode’ untuk sementara waktu atau setidaknya ketika wawancara berlangsung.

3. Tunjukkan rasa terima kasih

Salah satu cara terbaik untuk membuat HRD terkesan merupakan hal yang paling sederhana. Itu dimulai dengan bersikap sopan dan tetap pada sikap terbaikmu sepanjang pertemuan. Menunjukkan terima kasih kepada pewawancara juga merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu mereka, dan berterima kasih atas kesempatan wawancara lowongan kerja ini.

4. Jawab seakan-akan sedang bercerita

Cara terbaik untuk membuat wawancara kerja berkesan adalah dengan mengambil peran sebagai pendongeng. Pewawancara menyukai strategi ini karena memberi mereka kesempatan untuk benar-benar mengetahui latar belakang dan pengalamanmu. Ini adalah taktik hebat ketika berbicara bagaimana kamu mengatasi tantangan di tempat kerja, bagaimana mengatasi konflik di tempat kerja, dan juga pencapaian dalam kariermu.

Perlu diperhatikan bahwa taktik ini hanya akan berfungsi ketika kamu sudah mempersiapkan apa yang kamu ceritakan sebelumnya, jadi berlatihlah sehari sebelum wawancara dijadwalkan. Rumuskan kemungkinan pertanyaan yang mungkin muncul selama sesi wawancara, dan buat jawaban yang sesuai untuk masing-masing pertanyaan. Cobalah untuk mengingat pengalaman kerjamu di masa lalu dan saat ini sehingga kamu akan memiliki cerita yang dapat digunakan sebagai jawaban siap pakai untuk wawancara kerja.

5. Berikan kesan yang baik

Ada pepatah yang mengatakan “Kesan pertama kerap menjadi penentu” dan itu jelas sekali terbukti di wawancara kerja. Beri kesan pewawancara dari awal dengan menawarkan jabat tangan yang kuat dan percaya diri, ditambah dengan senyum tulus. Ini membuktikan kepada pewawancara bahwa kamu senang berada di sana dan menunggu wawancara. Begitu wawancara dimulai, ingatlah untuk menunjukkan sikap terbaikmu dan duduklah dengan tegak dan melihat mata pewawancara sambil berbicara.

Ingat, orang-orang ingin berada di sekitar orang lain yang mereka sukai – berprilaku sopan dan menunjukkan sikap terbaikmu, maka mungkin saja kamu baru diterima di perusahaan yang baru kamu datangi.

Comments

Popular posts from this blog

Safari Politik Prabowo Merupakan Upaya Memperteguh Koalisi Partai

PA 212 Dan Petinggi Partai Koalisi Godok Nama-Nama Cawapres Untuk Prabowo