Inilah Jumlah Peserta Bidik Misi di Universitas Airlangga

Inilah Jumlah Peserta Bidik Misi di Universitas Airlangga
Kolom Utama. Tahun ini, Universitas Airlangga (Unair) kembali menerima mahasiswa baru (maba) dari jalur bidikmisi. Sebanyak 753 maba bidikmisi disambut langsung Rektor Unair Prof M. Nasih di gedung Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C, Surabaya, Senin (23/7).

Nasih menjelaskan, para mahasiswa penerima bantuan bidik misi yang diterima di Unair itu terdiri dari dua jalur. Yakni, melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Inilah rincian peserta yang lolos bidik misi di Unair , 418 mahasiswa bidikmisi diterima lewar SNMPTN, serta sisanya 335 mahasiswa lewat jalur SBMPTN.

Dalam acara penyambutan yang juga dihadiri para orang tua maba Bidikmisi, Nasih menyampaikan apresiasinya. “Selamat bergabung. Bagi kami, semua yang ada di sini merupakan orang-orang pilihan untuk menjadi generasi penerus dan pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” jelas Nasih.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis itu melanjutkan, tidak ada perbedaan kualitas antara mahasiswa bidikmisi dengan lainnya. Meski secara ekonomi kurang, dia yakin secara akademis mahasiswa bidik misi bisa bersaing. Punya kemampuan yang sama dan bahkan dapat melebihi mahasiswa-mahasiswa lain.

Oleh sebab itu, Nasih meminta kepada para maba bidikmisi agar bisa menyelesaikan masa studinya tepat waktu. Tidak molor. “Ini sebagai bentuk bakti Anda kepada orang tua. Kalau terlambat, tentu ada konsekuensinya. Menanggung sendiri biaya pendidikan dan biaya hidup,” ucap Nasih kepada para maba penerima bidikmisi.

Bagi mahasiswa bidikmisi yang tidak bisa mencapai standar nilai Indeks Prestasi Kamulatif (IPK) di tahun pertama hingga semester 4, mereka tidak akan bisa melanjutkan kuliah. Batasan minimal IPK yang ditetapkan adalah 3,00. “Sebab beasiswa bidikmisi diberikan bagi mereka yang punya prestasi dan catatan akademik yang baik,”papar rektor kelahiran Gresik tersebut.

Selain itu, Nasih mengajak agar para mahasiswa bidikmisi aktif dalam kegiatan kampus. Bukan sekadar menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang, red). “Fokuslah dalam belajar. Manfaatkan organisasi intra kampus yang tersedia untuk mengembangkan minat dan bakat sebaik-baiknya,” Tegasnya.

Itulah jumlah peserta bidikmisi yang lolos masuk ke Universitas Airlangga, apakah kamu salah satunya? jika iya selamat ya! bagi yang belum lolos, jangan patah semangat guys!

Comments

Popular posts from this blog

Safari Politik Prabowo Merupakan Upaya Memperteguh Koalisi Partai

Trik Penting Agar Lolos Wawancara Kerja

PA 212 Dan Petinggi Partai Koalisi Godok Nama-Nama Cawapres Untuk Prabowo